Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daftar Imunisasi Anak yang Wajib Diberikan


daftar imunisasi anak


Akktif - Setelah orang tua memiliki seorang putra atau putri yang lahir ke dunia, ada hal yang tidak boleh mereka lupakan yakni mengenai imunisasi anak. Imunisasi sendiri diartikan sebagai suatu proses untuk membuat seseorang kebal terhadap berbagai seranhan penyakit. Imunisasi sangat disarankan sudah diberikan sedari dini, bukan menunggu saat anak beranjak dewasa.

Imunisasi dilakukan dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. Supaya antibodi terbentuk, maka diperlukan pemberian vaksin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Semua tergantung dari jenis penyakit yang hendak dicegah. Tapi apakah ayah dan bunda sudah tau apa saja daftar imunisasi yang harus diberikan kepada si buah hati? Jika belum, yuk ketahui daftarnya di bawah ini :

Daftar Imunisasi Anak

Seorang bayi atau anak-anak bisa mendapatkan imunisasi melalui Posyandu, Puskesmas, Bidan, ataupun seorang Dokter. Setidaknya ada 5 jenis imunisasi yang perlu diberikan kepada si buah hati. Apa saja itu?

1. Hepatitis B
Daftar imunisasi anak yang pertama adalah imunisasi untuk penyakit Hepatitis B. Pemberian vaksin yang satu ini dilaksanakan sebanyak 4 kali. Untuk yang pertama paling baik dilakukan 12 jam setelah bayi dilahirkan. Yang kedua bisa diberikan saat usia  2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

2. Polio
Sama dengan Hepatitis, vaksin polio juga diberikan sebanyak 4 kali. Mengenai jadwalnya, yang pertama dilakukan setelah bayi baru dilahirkan, untuk kedua hingga keempat bisa diberikan ketika berusia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

3. BCG

BCG atau Bacille Calmette-Guérin adalah vaksin untuk tuberkulosis. Berbeda dengan kedua vaksin sebelumnya, vaksin BCG hanya diberikan sebanyak 1 kali. Sebenarnya bisa diberikan dalam rentang waktu baru lahir hingga 2 bulan. Namun sangat disarankan untuk diberikan saat bayi berusia 2 bulan.

4. Campak

Anak juga perlu diberikan imunisasi campak yang dilakukan sebanyak 2 kali. Tahap pertama pada umur 9 bulan dan tahap kedua saat berusia 18 bulan. (Untuk tahap kedua ini tidak tidak perlu diberikan bila bayi mendapat vaksin MMR)

5. Difteri, Tetanus, Pertusis
Imunisasi yang satu ini juga disebut sebagai vaksin DTP atau DPT. Pemberian imunisasi ini dilakukan guna mencegah anak terserang penyakit difteri, tetanus, dan pertusis. Bisa diberikan sebanyak 3 kali di usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. 



Baca Juga : Manfaat ASI Untuk Bayi
 

Itulah beberapa daftar imunisasi anak yang perlu diberikan guna mencegahnya dari berbagai serangan penyakit. Silakan catat jadwalnya dan jangan sampai lupa mengenai kesehatan si buah hati.