Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Makanan Bergizi Penunjang Kesehatan Otak Anak yang Harus Ayah/Bunda Berikan

Makanan agar otak sehatAkktif - Makanan bergizi penunjang kesehatan otak sangat penting dikonsumsi oleh seorang anak. Karena di masa-masa inilah anak memerlukan banyak asupan gizi guna mempercepat proses tumbuh kembang otak mereka. Dengan peningkatan kerja otak yang baik maka otomatis juga bakal meningkatan kecerdasan dan kemampuan berpikir dari si anak itu sendiri. Makanan bernutrisi di bawah ini dipercaya sangat bagus dikonsumsi oleh anak guna membuat kerja otak menjadi lebih baik. Apa saja itu?

4 Makanan Bergizi Untuk Kesehatan Otak Anak

1. Ikan Salmon
Makanan terbaik untuk otak anak yang pertama adalah ikan salmon. Ikan yang satu ini kaya akan asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak. Bagi bayi, ikan salmon juga bisa dikonsumsi dan sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti seperti radang sendi, kardiovaskular, dan juga diabetes. Kandungan asam amino pada ikan ini juga cukup banyak sehingga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.

2. Telur
Makanan bergizi penunjang kesehatan otak anak yang selanjutnya adalah telur. Kandungan kolin pada makanan yang satu ini dipercaya mampu membantu perkembangan otak anak. Bahkan menurut penelitian, apabila anak diberi makan telur 1 butir tiap harinya  mampu membuat otaknya menjadi jauh lebih cerdas. Bunda bisa memberikannya pada pagi hari ketika sarapan.

3. Selai Kacang

Selai kacang juga bisa menjadi makanan yang baik untuk meningkatkan kinerja otak anak. Selai yang satu ini kaya akan vitamin E dan  antioksidan yang berkhasiat untuk melindungi membran sel - sel otak terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya. Kandungan vitamin dan mineral pada makanan ini juga cukup banyak sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Disarankan bagi ayah atau bunda untuk memberikan selai kacang rendah gula dan natrium seperti almond.

4. Sayuran Berwarna

Sudah bukan rahasia lagi jika sayur-sayuran memiliki kandungan nutrisi yang apik untuk meningkatkan kinerja otak. Semakin cerah warna sayuran, maka semakin banyak pula kandungan antioksidannya. Terutama sayuran hijau yang notabene mempunyai banyak manfaat untuk mencegah kanker hingga menangkal peradangan. Berdasarkan studi baru dari University of Illinois menemukan bahwa lutein, pigmen pada sayuran hijau gelap membantu mempertahankan fungsi kognitif dan ketajaman mental usia otak.

Baca Juga : 5 Tips Makan Sehat
 
Nah itu dia beberapa makanan bergizi penunjang kesehatan otak anak, dengan otak yang sehat anak pun bisa berpikir secara lebih cepat. Selain itu kecerdasannya pun juga semakin meningkat. Yuk, biasakan dari sekarang untuk mengkonsumsi makanan tersebut.